JLPT adalah…

jlpt

Kepanjangan dari JLPT adalah “Japanese Language Proficiency Test”. Dalam Bahasa Indonesia sering disebut dengan UKBJ (Uji Kompetensi Bahasa Jepang), sedangkan dalam istilah Bahasa Jepang disebut dengan Nihongo Nōryoku Shiken 「日本語能力試験(にほんごのうりょくしけん)」. Bagi Anda yang baru saja mendengar istilah beken JLPT, untuk lebih mudah membayangkannya, JLPT adalah test uji kemampuan Bahasa Jepang semacam TOEFL jika dalam Bahasa Inggris. Japanese Language Proficiency Test (JLPT) bernaung di bawah institusi pendidikan Jepang bernama Japan Foundation (JF) dan Japan Educational Exchanges and Services. JLPT sendiri dimulai pada tahun 1984 sebagai ujian untuk mengukur dan mengesahkan tingkat kemahiran bahasa Jepang bagi penutur asli bukan bahasa Jepang . Pada tahun pertama JLPT dilakukan di 15 negara , dengan diikuti sekitar 7.000 peserta. Sejak saat itu , JLPT telah menjadi tes uji kompetensi bahasa Jepang terbesar di dunia, dengan sekitar 610.000 peserta ujian di 62 negara dan wilayah di seluruh dunia pada tahun 2011.

Dari tahun ke tahun penyajian materi ujian JLPT mengalami beberapa improvisasi dengan fokus lebih berusaha untuk mengukur kemampuan Bahasa Jepang berdasarkan tingkat kemampuan berkomunikasi yang dimiliki pembelajar Bahasa Jepang. Salah satunya pada tahun 2010, telah ditetapkan sistem pembagian level yang baru, yang awalnya hanya 4 level, kini telah menjadi 5 level yaitu: N5, N4, N3, N2 dan N1. Level termudah diawali dari “Level N5” hingga ke level tersulit yaitu “Level N1”. Bagi yang berminat menempuh test JLPT, tidak ada keharusan untuk mengikuti tes dari level paling bawah. Misalkan saja, meskipun belum pernah mengikuti test level N5, bisa saja langsung mengikuti test level N3 jika memang dirasa kemampuan bahasa Jepang yang dimiliki sudah cukup untuk level test yang akan ditempuh. Hasil tes online akan diumumkan sekitar 1-2 bulan dari tanggal tes yang pernah diikuti. Sedangkan Manual Score Report dan sertifikat (bagi yang lulus) bisa diambil langsung di tempat pendaftaran test JLPT itu sendiri sekitar 3 bulan dari pelaksanaan tes.

jlpt adalah

MANFAAT JLPT??

Pastinya, manfaat yang pertama adalah sebagai alat ukur kemampuan Bahasa Jepang yang dimiliki oleh seseorang. Selebihnya, sertifikat kelulusan JLPT akan memberikan banyak manfaat kepada para pemiliknya terutama untuk bidang pendidikan dan pekerjaan. Rincian manfaat menempuh JLPT adalah sebagai berikut:

1. Sebagai alat ukur kemampuan Bahasa Jepang

Dari JLPT yang telah diikuti atau yang telah berhasil ditempuh, bisa digunakan sebagai acuan perkiraan yang cukup akurat untuk menilai kemampuan Bahasa Jepang yang dimiliki seseorang. Oleh karena itu, pada saat Anda mulai berkomunikasi dengan orang Jepang atau memiliki rencana untuk masuk perusahaan Jepang, pertanyaan “ Sudah lulus JLPT- N berapa?”  dan sejenisnya, akan sering menghampiri Anda. Hal ini disebabkan karena orang lain akan dengan mudah mengetahui tingkat kemampuan Bahasa Jepang yang kita miliki hanya dengan melihat hasil JLPT yang sudah kita taklukkan. Tanpa adanya sertifikat JLPT, kemampuan Bahasa Jepang kita akan sulit diprediksi secara signifikan oleh orang lain, terutama orang Jepang yang ingin menjalin kerjasama dengan kita. Perlu kita ingat, bahasa yang baik akan menciptakan komunikasi yang baik, komunikasi yang baik akan menciptakan kerjasama yang baik, kerjasama yang baik akan menciptakan hidup yang lebih baik!

2. Sertifikat kelulusan JLPT sebagai kunci meraih beasiswa ke Jepang

Jepang masih selalu menjadi negara pujaan hati bagi mayoritas pelajar Indonesia untuk bisa menuntut ilmu dan pengalaman yang lebih bermanfaat. Salah satu syarat untuk bisa mendapatkan beasiswa ke Jepang adalah dengan memiliki sertifikat kelulusan JLPT tertentu. Misalkan untuk beasiswa dari kemetrian pendidikan Jepang yang bernama Monbukagakusho atau MEXT (keterangan lebih lanjut bisa merujuk pada bab pembahasan beasiswa) khususnya Research Student Program, sertifikat JLPT-N2 dan N1 akan menjadi sebuah kunci penting agar bisa meraihnya. Jika Anda ada keinginan melanjutkan studi ke Jepang, semakin tinggi level JLPT yang Anda miliki, peluang beasiswa ke Jepang juga akan sangat terbuka lebar. Mari persiapkan ujian JLPT dengan baik mulai dari sekarang, jangan ditunda lagi, and.. Good Luck!!

 

3. Keberhasilan masuk universitas di Jepang dengan dukungan sertifikat JLPT

Untuk  pendidikan taraf perguruan tinggi di universitas Jepang, terutama untuk jenjang S1, mayoritas perkuliahan disampaikan dengan menggunakan bahasa Jepang. Sehingga otomatis segala material pelajaran juga pastinya akan menggunakan text book dalam bahasa Jepang. Agar para mahasiswa asing tidak terkendala dengan bahasa Jepang yang digunakan selama perkuliahan, mayoritas universitas di Jepang memutuskan bahwa minimal calon mahasiswa harus sudah memiliki sertifikat JLPT N2 saat mendaftar masuk ke universitas di Jepang. Tapi jangan berkecil hati jika kelulusan JLPT level N2 terasa sedikit susah digapai, masih tersedia kemungkinan sukses yang lain. Bagi Anda yang berencana masuk ke universitas baik S1 atau S2, saat ini di Jepang mulai banyak yang membuka international class. Jadi, cukup dengan kemampuan Bahasa Jepang setara N4 atau N3 sudah bisa menjadi nilai tambah untuk memperlancar proses masuk ke universitas di Jepang sesuai dengan keinginan Anda. Sekalipun sebagian besar perkuliahan berlangsung dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, masih ada sebagian kecil mata kuliah yang disampaikan dalam bahasa Jepang. Terus semangat ya!!

 4. Kelancaran kerja dan Kenaikan jenjang karir di perusahaan Jepang berkat sertifikat kelulusan JLPT

Bagi yang berencana memasuki perusahaan Jepang baik perusahaan yang terletak di Indonesia maupun di Jepang, tidak menutup kemungkinan bahwa kualifikasi bahasa Jepang yang dibuktikan dari sertifikat JLPT yang dimiliki bisa menentukan tingginya gaji yang akan diperoleh. Memiliki kemampuan bahasa Jepang yang tinggi serta dibuktikan dengan hasil ujian JLPT dengan nilai yang tinggi akan membuka peluang kenaikan gaji serta kenaikan jenjang karir. Dalam bidang pekerjaan, orang Jepang sangat menghargai orang asing yang mau serta mampu menggunakan bahasa Jepang dengan baik dan benar. Dari sinilah, berawal dari sertifikat JLPT yang kita miliki bisa menjadi sebuah cara untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih gemilang. Jangan hanya puas dengan skill yang dimiliki dari background pendidikan sebelumnya, karena kemampuan komunikasi bahasa Jepang yang baik akan melengkapi kesuksesan karir Anda.

5. Mendapatkan “preferential treatment at immigration” atau “perlakukan istimewa dari pihak imigrasi Jepang kepada warga negara asing

Kabar yang sangat baik bagi warga negara asing yang tinggal di Jepang dengan kualifikasi profesi “Highly Skilled Foreign Professionals” (misalkan sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi, tenaga medis, tenaga IT, dsb.) dan memiliki sertifkat kelulusan JLPT-N1, memiliki peluang untuk mendapatkan  “preferential treatment at immigration” atau “perlakukan istimewa dari pihak imigrasi Jepang kepada warga negara asing. Salah satu perlakukan istimewa tersebut adalah, dari segi penghasilan akan mendapatkan standart annual salary mulai dari Rp 450.000.000,- hingga 1 miliyar. Keterangan ini tercatat dalam “Point-based Preferential Immigration Treatment System for Highly Skilled Foreign Professionals” dari departemen imigrasi Jepang.

BAGAIMANA CARA MENGIKUTI JLPT?

Pelaksanaan JLPT di seluruh dunia, termasuk di Indonesia bisa dikatakan sangat jarang, karena hanya dilaksanakan paling banyak 2 kali dalam satu tahun. Oleh karena itu, jika Anda memiliki target tertentu untuk mengejar kelulusan JLPT demi tujuan pekerjaan, beasiswa atau yang lainnya, lebih baik untuk selalu mengikuti update informasinya melalui website yang terkait. Website yang bisa dijadikan acuan sumber informasi tersebut, antara lain:

  1. JLPT Official Website: www.jlpt.jp/e/
  2. JLPT Online Registration: http://jlptonline.or.id/

Secara umum, periode pendaftaran dan pelaksaan ujian JLPT adalah sebaga berikut:

Periode I :

Periode Pendafataran: antara Bulan Maret-April

Pelaksanaan: Hari Minggu, minggu pertama di bulan Juli

Kota lokasi pendaftaran: Jakarta, Surabaya, Manado, Semarang, Malang (detail info lokasi pendaftaran ada pada uraian di bagian “Periode II” di bawah ini.

*NOTE: Untuk pelaksanaan ujian pada bulan Juli sering terjadi perubahan ketentuan lokasi mana saja yang bisa melakukan pendaftaran dan pelaksanaan ujian JLPT. Alangkah baiknya untuk selalu meng-update informasi mulai dari bulan Maret.

Periode II :

Periode Pendafataran: Bulan Agustus-September

Pelaksanaan: Hari Minggu, minggu pertama di bulan Desember

Kota lokasi pendaftaran:

1) Wilayah Jakarta

– Sekretariat Persada/ Universitas Darma Persada

Alamat       : Jl Raden Inten II – Pondok Kelapa – Jakarta Timur

Telephone:(021) 864-7373

Fax              : (021) 869-00241

– The Japan Foundation Jakarta Alamat                : Gedung Summitmas I Lt.3-Jl. Jend. Sudirman Kav. 61-62- Jakarta Selatan Telephone   : (021) 5201266

2) Wilayah Jawa Barat  

– Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ) Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Alamat       : Kampus UNPAD Jatinangor

Telephone:+62(22)7796388

Fax              :+62(22)7796388

3) Wilayah Jawa Timur

– Prodi Pendidikan Bahasa Jepang – FBS, Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Alamat       : Kampus UNESA Lidah Wetan-Surabaya

Telephone:(031)7532809

Fax              : (031)7532809

– Prodi Sastra Jepang – Fak.Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (UNIBRAW)

Alamat       : Kampus UNIBRAW- Jalan Veteran-Malang

Telephone : 0856-4878-6182  ; 0812-1654-0647; (0341)575875

Fax              : (0341)575-822

–   Konsulat Jenderal Jepang – Surabaya

Alamat       : Jl. Sumatera 93 Surabaya

Telephone            : (031) 503 0008

Fax.             : (031) 502 3008

4) Wilayah D.I. Yogyakarta (Termasuk Jawa Tengah)

– Prodi Sastra Jepang – Fak. Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada (UGM)

Alamat       : Kampus UGM Bulak Sumur-Yogyakarta

Telephone: (0274)513096

Fax              :(0274)550451

5) Wilayah Sumatera Utara :

– Prodi Sastra Jepang – Fak Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (USU)

Alamat           : Kampus USU-Jl Universitas No.19-Medan

Telephone     : 061-8223-531

6) Wilayah Sumatera Barat :

– Prodi Sastra Jepang – Fak. Ilmu Budaya Universitas Bung Hatta

Alamat           : Kampus Proklamator 2-Jl. Bagindo Aziz Chan-Air Pacah-Padang

Telephone     : 0813-7448-9411

7) Wilayah Bali

– Prodi Sastra Jepang – Fak Ilmu Budaya Universitas Udayana (UNUD)

Alamat           : Kampus UNUD, Jl Nias No.13, Sanglah – Denpasar

Telephone     :0813-2315-4215; 0812-3883-991

Fax                  :(03612)49458

8) Wilayah Sulawesi

– Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa & Seni- Universitas Negeri Manado

Alamat           : Kampus UNIMA Tondano

Telephone     :(0431)869121; (0813)5322-2576

Fax                  :(0431)869121

– Program Studi Bahasa Jepang Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi

Alamat           : Kampus UNSRAT Bahu-Jl. Kleak -MANADO 95115

Telephone     : (0812) 12490004

Pendaftaran peserta bisa dilaksanakan melalui dua cara, yaitu dengan datang langsung ke alamat sekretariat pendaftaran yang ada di wilayah terdekat tempat tinggal Anda, kemudian mengisi manual formulir pendaftaran. Untuk kelengkapan mengisi formulir pendaftaran, jangan lupa untuk menyertakan passphoto bewarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar. Cara pendaftaran lainnya bisa dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran online dengan klik situs http://jlptonline.or.id/ serta melakukan instruksi sesuai dengan yang tertulis di dalamnya.

Harga setiap level JLPT berbeda-beda dan akan mengalami perubahan setiap tahunnya. Berikut ini referensi harga pendaftaran JLPT untuk periode 2017:

N1: Rp 190.000,-

N2: Rp 160.000,-

N3: Rp 140.000,-

N4: Rp 120.000,-

N5: Rp 110.000,-

Untuk tempat pelaksanaan ujian akan ditentukan oleh sekretariat pendaftaran, sehingga Anda baru akan mengetahui detail alamat lokasi ujian setelah menyelesaikan pendaftaran. Pengumuman hasil ujian secara online situs JLPT : http://www.jlpt.jp/e/, terhitung 2 bulan setelah ujian JLPT berlalu. Manual score report bisa diambil 3 bulan setelah pelaksanaan ujian. Untuk mengambil manual score report, silakan Anda mengunjungi sekretariat terdekat atau tempat dimana telah melakukan pendafataran JLPT.

Referensi buku persiapan JLPT dengan materi berkualitas, penjelasan pembahasan di setiap soalnya, lengkap dengan rangkuman materi pola kalimat, kosakata, dan daftar Kanji yang SANGAT MEMUDAHKAN PROSES PERSIAPAN OTODIDAK TANPA DIDAMPINGI PENGAJAR.

Buku Strategi & Bank Soal JLPT

23915847_10214767128121086_9173693248698524277_n

*SPECIAL PROMO*

Bagi teman-teman yang memesan langsung buku Strategi & Bank Soal JLPT secara online, ke kontak The Japan Scribe, akan kami berikan harga

Rp159.000,-

Harga umum di Gramedia seluruh Indonesia adalah Rp180.000,-

Bagi yang berminat, silakan lagsung menghubungi admin The Japan Scribe:

0857-3635-1918

(WhatsApp & LINE)

Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap dan alamat lengkap tujuan pengiriman buku

THE JAPAN SCRIBE

Learning Japanese For a Better Life
Toko Buku Bahasa Jepang Online
Kelas Bahasa Jepang Online
Persewaan Yukata
Jasa Penerjemah Bahasa Jepang
Penyedia SIM Card JP Mobile Japan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *