OMIYAGE 「お土産」- Makna “oleh-oleh” bagi orang Jepang

oleh-oleh jepang

OMIYAGE 「お土産」

Jangan pulang degan tangan hampa!

 

Mengapa orang Jepang sangat antusias untuk membeli beberapa souvenir atau oleh-oleh (omiyage) pada saat traveling? Banyak orang asing yang terheran-heran dengan kebiasaan orang Jepang yang satu ini. Namun ternyata, orang Jepang lebih mengutamakan membeli souvenir atau oleh- oleh untuk orang lain daripada untuk dirinya sendiri. Hal pertama yang mendasari adalah, munculnya perasaan ingin memberikan oleh-oleh kepada orang lain yang mengetahui bahwa mereka sedang melakukan traveling.

 

oleh-oleh jepang

 

 

Hal ke dua adalah, adanya pemikiran bahwa memberikan oleh-oleh merupakan suatu bentuk kesopanan dan suatu bentuk ungkapan terimakasih kepada orang lain yang telah memberikan senbetsu 「餞別」 atau “going-away gift” , semacam kenang-kenangan sebelum seseorang meninggalkan sebuah tempat dalam jangka waktu yang lama, misalkan pindah tempat tinggal, pindah tempat kerja dan sebagainya. Di Jepang, budaya memberi dan menerima oleh-oleh, bingkisan, maupun hadiah merupakan salah satu cara yang sangat penting untuk membina dan merawat hubungan antar manusia di dalam kehidupan.

 

 

* senbetsu「餞別」

 

senbetsu

 

Pada awalnya, istilah senbetsu bermula sebagai bingkisan yang diberikan seseorang kepada seseorang lain yang akan menempuh perjalanan jauh dengan harapan agar selalu berada dalam keselamatan selama melakukan perjalanan tersebut. Sekarang, senbetsu lebih sering diberikan kepada seseorang yang akan berangkat pindah ke tempat tinggal yang baru, sekolah ke luar negeri atau pindah kerja di tempat lain dengan harapan agar kesuksesan selalu menyertainya.

 

 

 

 

 

 

Referensi buku persiapan JLPT dengan materi berkualitas, penjelasan pembahasan di setiap soalnya, lengkap dengan rangkuman materi pola kalimat, kosakata, dan daftar Kanji yang SANGAT MEMUDAHKAN PROSES PERSIAPAN OTODIDAK TANPA DIDAMPINGI PENGAJAR. Sudah dilengkapi dengan CD Audio Listening.

Strategi & Bank Soal JLPT

 

*SPECIAL PROMO*

Bagi teman-teman yang memesan langsung buku Strategi & Bank Soal JLPT secara online, ke kontak The Japan Scribe, akan kami berikan harga

Rp159.000,-

Harga umum di Gramedia seluruh Indonesia adalah Rp180.000,-

Bagi yang berminat, silakan lagsung menghubungi The Japan Scribe:

0857-3635-1918

(WhatsApp & LINE)

Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap dan alamat lengkap tujuan pengiriman buku

JP SMART SIM-SIMCard Jepang Pilihan Terbaik

sim card jepang murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *