Gyoza – Dumpling ala Jepang

gyoza

Gyoza

餃子

Merupakan salah satu makanan khas Jepang dalam kategori jenis masakan dumpling atau dim sum yang kaya akan cita rasa dan nutrisi baik untuk tubuh

 

 

Sejarah Gyoza

Gyoza memang berasal dari daratan Cina. Gyoza memiliki nama asli Jiaozi. Menurut sebuah sumber sejarah, Jiao berarti tanduk, sebab bentuknya seperti tanduk. Jiaozi diciptakan oleh Zhang Zhongjing, seorang ahli pengobatan tradisional di China.

Ketika itu, saat musim dingin, banyak sekali masyarakat kurang mampu yang kedinginan. Mereka sangat kedinginan hingga telinga mereka membeku dan “pecah”. Beliau ingin membantu orang-orang yang kedinginan tersebut sehingga dia menciptakan makanan yang mampu meningkatkan suhu tubuh orang yang memakannya.

Bahan-bahan yang beliau gunakan adalah daging kambing muda, merica dan obat-obatan tradisional yang dibungkus di dalam lapisan tipis, dibentuk menyerupai telinga (mengingatkan bahwa kondisi saat itu sangat dingin hingga bisa membuat daun telinga membeku, kering dan pecah).

Tentu saja, bukan dengan menempelkan Jiaozi ke telinga supaya hangat. Tetapi dengan memakan ramuan tersebut, suhu tubuh akan meningkat. Resep ini kemudian secara turun temurun di modifikasi sehingga menjadi salah satu makanan wajib metika perayaan tahun baru China.

Jiaozi masuk ke Jepang ketika Perang Dunia Kedua. Saat itu tentara Jepang melakukan invasi ke China. Setelah perang usai. Tentara Jepang kemudian membuat dan memodifikasi Jiaozi dan mengubah namanya menjadi Gyoza.

 

 

Jenis Gyoza

YAKI GYOZA (GYOZA GORENG)

Yaki gyoza merupakan tipe gyoza yang paling umum. Dibuat dengan cara digoreng dalam wajan panas sebelum campuran air dan tepung maizena dituangkan ke dalam dan kemudian akan ditutupi selama beberapa menit. Campuran air dan tepung maizena membantu mengukus gyoza, menjadikannya lembut dan berair sekaligus menciptakan bagian bawah yang renyah. Yaki gyoza biasanya disajikan dengan bagian bawah yang renyah. Hanetsuki gyoza (“gyoza with wings”) adalah istilah yang digunakan ketika sebuah potongan gyoza terhubung oleh bagian bawah yang renyah.

 

SUI GYOZA (GYOZA REBUS)

Jenis gyoza ini merupakan gyoza rebus yang sering disajikan dalam kaldu yang ringan. Lebih umum ditemukan pada restoran-restoran atau kedai di Jepang, daripada yaki gyoza dan biasanya lebih sering ditemukan di restoran China dan restoran khusus gyoza.

 

AGE GYOZA (GYOZA GORENG KERING)

Jenis gyoza yang terakhir adalah Age gyoza diolah dengan cara digoreng hingga tenggelam dalam minyak yang banyak. Menu hidangan Gyoza ini juga sering ditemukan pada restoran-restoran China atau khusus gyoza, tetapi jarang ditemui di tempat lain.

 

Resep Gyoza

Bahan-bahan

(4 porsi)
  1. 300 gram Daging Ayam
  2. 100 gram Udang
  3. 8 lembar Sawi Hijau
  4. 1 ikat Daun Bawang
  5. 1 ikat Kucai
  6. 2 siung Bawang Putih
  7. 2 sendok makan Saus Tiram
  8. 1 buah Telur Ayam
  9. 1 sendok makan Tepung Kanji
  10. 1 sendok teh Garam
  11. secukupnya Lada (Merica)
  12. 40 lembar Kulit gyoza (pangsit)
  13. 3 sendok makan Minyak Goreng
  14. 1 sendok teh Minyak Wijen

Langkah

  • Cincang sawi putih, taburi garam, diamkan 10 menit dan peras sampai keluar airnya.Cincang daun bawang dan kucai. Campur dengan sawi putih. Parut bawang putih.
  • Di mangkuk besar, campur daging ayam, udang, saus tiram, garam, bawang putih, merica, kaldu, telur, dan sayuran (sawi putih, kucai, dan daun bawang).
  • Bungkus dengan kulit gyoza. Panaskan minyak goreng di wajan, susun gyoza panggang dengan api sedang-besar 5-6 menit sampai dasarnya kecoklatan.Tuang air sampai setengah gyoza terendam, tutup wajan.
  • Masak sampai air menyusut dan kulit gyoza terlihat transparanTuangi dengan minyak wijen.
    Dimakan dengan saus gyoza.
    Campurkan shoyu(kecap asin), cuka beras dengan perbandingan 3:1. Tambahkan 1 sdt gula dan 1sdt minyak wijen.
    Atau bisa dicocol ke saus cabe

 

 

source: http://fft.dhinitiative.org/exhibits/show/gyoza/history/origin

https://www.artforia.com/fakta-menarik-tentang-gyoza/

https://cookpad.com/id/resep/178718-gyoza-pan-fried-dumpling

 

 

shared by The Japan Scribe

THE JAPAN SCRIBE

Learning Japanese For a Better Life
Toko Buku Bahasa Jepang Online
Kelas Bahasa Jepang Online
Persewaan Yukata
Jasa Penerjemah Bahasa Jepang
Penyedia SIM Card JP Mobile Japan 
Referensi buku persiapan JLPT dengan materi berkualitas, penjelasan pembahasan di setiap soalnya, lengkap dengan rangkuman materi pola kalimat, kosakata, dan daftar Kanji yang SANGAT MEMUDAHKAN PROSES PERSIAPAN OTODIDAK TANPA DIDAMPINGI PENGAJAR. Sudah dilengkapi dengan CD Audio Listening.

Strategi & Bank Soal JLPT

 

 

*SPECIAL PROMO*

Bagi teman-teman yang memesan langsung buku Strategi & Bank Soal JLPT secara online, ke kontak The Japan Scribe, akan kami berikan harga

Rp159.000,-

Harga umum di Gramedia seluruh Indonesia adalah Rp180.000,-

Bagi yang berminat, silakan lagsung menghubungi The Japan Scribe:

0857-3635-1918

(WhatsApp & LINE)

Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap dan alamat lengkap tujuan pengiriman buku

 

 

JP SMART SIM-SIMCard Jepang Pilihan Terbaik

sim card jepang murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *