Makna Uang Bagi Orang Jepang (Bagian 1)

kerja di jepang

KANE WA TENKA NO MAWARI MONO

「金は天下の回り物」

Uang akan datang dan pergi semestinya

 

 

“Uang berada di sekeliling manusia, uang akan datang dan pergi”, merupakan inti dari arti kotowaza atau peribahasa “kane wa tenka no mawari mono “「金は天下の回り物」(uang berada di sekeliling dunia). Secara leksikal, kata “tenka” 「天下」 memiliki arti “di bawa surga”. Lebih jelasnya, kotowaza tersebut menjelaskan bahwa kaya atau miskin seseorang akan bergantung pada bagaimana sirkulasi keuangan yang dimilikinya. Oleh karena itu,mengapa kita mengatakan “ orang itu kondisi keuangannya sedang baik saat ini” , disaat pendapatannya bertambah.

 

kerja di jepang

 

 

Di sisi lain , jika ada seseorang yang memaksakan diri untuk mendapatkan uang lebih banyak, makan pada umumnya ia akan disebut “gametsui” 「がめつい」 yang berarti “ tamak”.

Uang yang diperoleh dari cara yang ilegal atau dari cara yang tidak jujur akan disebut dengan kata “abuku zeni” 「泡銭」 (easy money) atau “aku zen” 「悪銭」 (bad coin). Ada juga kotowaza yang masih berkenaan dengan hal tersebut, yaitu “akusen mi ni tsukazu”「 悪銭に身につかず」(jangan membiasakan uang gelap) yang memiliki makna “ uang yang diperoleh dari cara yang tidak jujur akan digunakan secara sia-sia tanpa ada sisa, uang akan datang dan pergi dengan sekejap”.

Secara tidak langsung, ini mengajarkan kepada kita bahwa mencari uang dengan cara yang jujur adalah hal yang terpenting.

 

 

shared by The Japan Scribe

 

 

 

THE JAPAN SCRIBE

Learning Japanese For a Better Life
Toko Buku Bahasa Jepang Online
Kelas Bahasa Jepang Online
Persewaan Yukata
Jasa Penerjemah Bahasa Jepang
Penyedia SIM Card JP Mobile Japan 
Referensi buku persiapan JLPT dengan materi berkualitas, penjelasan pembahasan di setiap soalnya, lengkap dengan rangkuman materi pola kalimat, kosakata, dan daftar Kanji yang SANGAT MEMUDAHKAN PROSES PERSIAPAN OTODIDAK TANPA DIDAMPINGI PENGAJAR. Sudah dilengkapi dengan CD Audio Listening.

 

Strategi & Bank Soal JLPT

 

 

 

*SPECIAL PROMO*

Bagi teman-teman yang memesan langsung buku Strategi & Bank Soal JLPT secara online, ke kontak The Japan Scribe, akan kami berikan harga

Rp159.000,-

Harga umum di Gramedia seluruh Indonesia adalah Rp180.000,-

Bagi yang berminat, silakan lagsung menghubungi The Japan Scribe:

0857-3635-1918

(WhatsApp & LINE)

Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap dan alamat lengkap tujuan pengiriman buku

 

 

 

 

 

JP SMART SIM-SIMCard Jepang Pilihan Terbaik

sim card jepang murah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *