Hati-Hati dengan Uang Tip di Jepang

budaya jepang

KOKOROZUKE

「心付け」

Ini cuma sedikit dari saya..

 

 

Biasanya, orang Jepang akan sering mengucapkan istilah “osewasamadeshita” 「お世話様でした 」 “terimakasih atas bantuannya” atau “gokurōsamadeshita” 「 ご苦労様でした 」“terimakasih atas kerja kerasnya” kepada orang lain yang telah membantunya. Selain istilah itu, mereka terbiasa juga untuk memberikan “uang sebagai tanda terimakasih” atau disebut dengan kokorozuke. Misalkan saja, ada seseorang yang pindah rumah dengan bantuan petugas yang bekerja sebagai pemberi layanan jasa pindah rumah. Petugas tersebut melakukan tugas dengan baik melampaui ekspektasi pelanggan, maka pelanggan tersebut akan dengan rela memberikannya kokorozuke. Dilihat dari sistem perekonomian social, kokorozuke berbeda dengan istilah tip.

 

budaya jepang

Uang Kokorozuke biasanya dimasukkan ke dalam amplop putih bertuliskan kokorobakari 「心ばかり」(sesuatu yang tidak berharga) atau orei 「お礼」(terimakasih)

 

 

Besarnya Kokorozuke ditentukan oleh kemauan si pemberi, seberapa besar rasa terimakasihnya kepada orang lain yang telah membantunya. Kalimat yang biasa digunakan saat memberikan kokorozuke adalah “kore, chotto desuga.. “「これ、ちょっとですが…」 “ini, cuma sedikit dari saya”. Dalam kalimat penyampaiannya pun, muncul kesan perasaan sopan dan merendahkan diri dari si pemberi kepada si penerima. Jika Anda sedang makan di restoran yang ada di Jepang, kemudian pada saat itu Anda bermaksud memberikan tip kepada pegawai restoran dengan cara menaruh uang di meja makan, maka jangan kaget jika nantinya Anda akan dikejar oleh orang restoran tersebut. Uang tip yang Anda tinggalkan di meja makan akan dianggap sebagai uang milik seorang tamu pengunjung restoran yang tertinggal, dan itu bukanlah dianggap sebagai kokorozuke. Jadi, untuk memberikan kokorozuke, lebih baik diberikan langsung kepada orang yang bersangkutan.

 

 

 

Referensi buku persiapan JLPT dengan materi berkualitas, penjelasan pembahasan di setiap soalnya, lengkap dengan rangkuman materi pola kalimat, kosakata, dan daftar Kanji yang SANGAT MEMUDAHKAN PROSES PERSIAPAN OTODIDAK TANPA DIDAMPINGI PENGAJAR. Sudah dilengkapi dengan CD Audio Listening.

Strategi & Bank Soal JLPT

 

*SPECIAL PROMO*

Bagi teman-teman yang memesan langsung buku Strategi & Bank Soal JLPT secara online, ke kontak The Japan Scribe, akan kami berikan harga

Rp159.000,-

Harga umum di Gramedia seluruh Indonesia adalah Rp180.000,-

Bagi yang berminat, silakan lagsung menghubungi The Japan Scribe:

0857-3635-1918

(WhatsApp & LINE)

Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap dan alamat lengkap tujuan pengiriman buku

 

 

 

JP SMART SIM-SIMCard Jepang Pilihan Terbaik

sim card jepang murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *