Tips Makan Sehat& ANTI GENDUT Ala Orang Jepang: Hara-hachibu 腹八分

makanan orang jepang

Bagi orang Jepang, terdapat kecenderungan untuk melihat “completeness atau kelengkapan” suatu hal dalam bentuk rasio atau persentase. Satuan kelengkapan tersebut dapat dinyatakan dalam satuan “bu/ bun “「分」atau “bagian”. Misalkan, ketika ada pohon sakura dengan kondisi bunga yang mulai mekar dan masih terlihat beberapa kuncup bunga yang masih belum mekar (50%), maka kita akan menyebut kondisi tersebut dengan istilah “gobuzaki” 「五分咲き」(go 五: lima, bu 分: bagian, zaki berasal dari kata saki 咲き: mekar bunga).

 

 

cara makan orang jepang
gobuzaki

 

 

 

 

Hal ini juga berlaku untuk istilah “Hara-hachibu” dalam hal tata cara makan kebiasaan orang Jepang.

 

 

Hara

(perut)

 

 

Hachibu

八分

(8bagian/ jika dalam prosentase: 80%)

 

 

 

Ketika ada seseorang yang mengucapkan hara hachi bu 腹八分 yang memiliki arti “perut ter-isi 80%”, maka dia bermaksud mengungkapkan kondisi perutnya yang 80% sudah penuh, tetapi masih bisa diisi dengan sedikit makanan lagi. Dalam hal ini, tidak dapat digunakan istilah manbuku 「満腹」, (perut penuh secara total), dan bukanlah disebut dengan juubujūbu 「十分」. Menjaga perut untuk tetap dalam kondisi 80% atau hara-hachibu dianggap oleh orang Jepang sebagai cara yang baik mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan. Hal ini tentunya menjadi pola makan yang sangat tepat untuk menjaga berat badan yang stabil dan ideal. Oleh karena itu, jarang sekali kita melihat orang Jepang yang bertubuh gemuk.

 

 

 

harahachibu

 

 

 

Kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang bisa kita coba aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari bagaimana menjalani pola makan yang baik. Tingkat kekenyangan 80% dalam perut bisa memberikan ruang pada lambung supaya tidak terlalu penuh saat mencerna makanan. Dengan begini, organ pencernaan kita khususnya lambung juga akan semakin sehat karena tidak bekerja terlalu keras. Alangkah baiknya kita makan teratur, makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Kesehatan adalah harta kita yang paling berharga.

 

 

harahachibu

 

 

 

 

 

Referensi buku persiapan JLPT dengan materi berkualitas, penjelasan pembahasan di setiap soalnya, lengkap dengan rangkuman materi pola kalimat, kosakata, dan daftar Kanji yang SANGAT MEMUDAHKAN PROSES PERSIAPAN OTODIDAK TANPA DIDAMPINGI PENGAJAR. Sudah dilengkapi dengan CD Audio Listening.

Strategi & Bank Soal JLPT

 

 

 

 

 

*SPECIAL PROMO*

Bagi teman-teman yang memesan langsung buku Strategi & Bank Soal JLPT secara online, ke kontak The Japan Scribe, akan kami berikan harga

 

 

Rp159.000,-

Harga umum di Gramedia seluruh Indonesia adalah Rp180.000,-

Bagi yang berminat, silakan lagsung menghubungi The Japan Scribe:

0857-3635-1918

(WhatsApp & LINE)

Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap dan alamat lengkap tujuan pengiriman buku

 

 

 

 

 

 

 

 

JP SMART SIM-SIMCard Jepang Pilihan Terbaik

 

sim card jepang murah

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *