Makna “Ojigi” お辞儀 (Budaya Membungkukkan Badan ala Orang Jepang)

budaya jepang

“ojigi”

「お辞儀」

budaya membungkukkan badan

 

 

Berkenaan dengan kata “teinei” 「丁寧」yang berarti “sopan”. Masyarakat Jepang adalah masyarakat yang sangat menjunjung tinggi pentingnya etika dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal komunikasi. Itulah mengapa sebabnya, ragam bahasa yang pertama kali diajarkan dalam kurikulum pembelajaran Bahasa Jepang adalah “ragam bentuk sopan” atau disebut dengan teinei-kei 「丁寧形」. Hal ini bertujuan agar, kita sebagai orang asing yang mempelajari bahasa Jepang secara otomatis memiliki dan paham etika saat berbahasa di hadapan orang Jepang. Sekali kita terlihat memiliki etika yang buruk saat berkomunikasi dengan orang Jepang, kemungkinan besar mereka akan cenderung kurang bersimpati kepadakita.

Untuk mendukung kelancaran beretika saat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang Jepang, kita juga perlu memahami budaya “ojigi” 「お辞儀」atau “ budaya menundukkan badan”. Hal yang harus kita ingat adalah, pada saat berkenalan, orang Jepang tidak melakukan jabat tangan, tetapi mereka hanya saling menundukkan badan dan mengucapkan salam tertentu. Ada 3 jenis gerakan ojigi yang perlu kita ketahui, antara lain:

 

 

“Eshaku” 「会釈」

Digunakan pasa saat menyapa orang lain dalam situasi biasa sehari-hari, bisa diiringi sambil mengucapkan salam tertentu.

 

 

“Keirei” 「敬礼」

Digunakan pada saat awal bertemu atau berkenalan dengan klien kerja atau kunjungan perusahaan atau beberapa situasi formal lainnya.

 

 

“Saikeirei” 「最敬礼」

Digunakan hanya pada saat mengucapkan terimakasih yang sangat mendalam kepada orang lain, terutama kepada atasan atau kepada orang yang telah banyak menolong kita. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menyampaikan ucapan dan perasaan permintaan maaf atas kesalahan besar yang telah kita perbuat.

 

budaya jepang

 

 

 

 

 

 

 

Referensi buku persiapan JLPT dengan materi berkualitas, penjelasan pembahasan di setiap soalnya, lengkap dengan rangkuman materi pola kalimat, kosakata, dan daftar Kanji yang SANGAT MEMUDAHKAN PROSES PERSIAPAN OTODIDAK TANPA DIDAMPINGI PENGAJAR. Sudah dilengkapi dengan CD Audio Listening.

Strategi & Bank Soal JLPT

 

 

*SPECIAL PROMO*

Bagi teman-teman yang memesan langsung buku Strategi & Bank Soal JLPT secara online, ke kontak The Japan Scribe, akan kami berikan harga

 

Rp159.000,-

Harga umum di Gramedia seluruh Indonesia adalah Rp180.000,-

Bagi yang berminat, silakan lagsung menghubungi The Japan Scribe:

0857-3635-1918

(WhatsApp & LINE)

Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap dan alamat lengkap tujuan pengiriman buku

 

 

 

 

JP SMART SIM-SIMCard Jepang Pilihan Terbaik

sim card jepang murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *