Kenali Budaya Kerja di Jepang : nominikēshon” 「飲み二ケーション」

budaya jepang

Nominikēshon 「 飲 み 二 ケ ー シ ョ ン 」 merupakan salah satu bentuk permaianan kata semacam plesetan kata jika dalam bahasa Indonesia, disebut dengan istilah dajare 「駄洒落」atau “paronomasia”. Istilah ini tercipta dari perpaduan antara kata nomimasu 「飲みます」 “minum” dan komyunikēshon 「 コ ミ ュ ニ ケ ー シ ョ ン 」 “communication”. Sehingga, aktifitas utama dari nominikēshon adalah berkumpul bersama anggota rekan kerja atau rekan mahasiswa, menghabiskan waktu dengan mengobrol sambil minum bir. Umumnya, aktifitas semacam ini juga disebut dengan “nomikai” 「飲み会」.

 

budaya jepang

 

 

Di Jepang, berkumpul bersama-sama di sebuah restoran atau kedai sake yag disebut dengan “izakaya” 「居酒屋」tidaklah dinilai sebagai hal yang negatif, tetapi kegiatan ini bisa menjadi salah satu sarana bagi para pekerja untuk mengakrabkan diri dan melepas penat dari tekanan pekerjaan. Maka jangan heran jika Anda naik kreta di Jepang di malam hari, akan sering menjumpai orang-orang berpakaian rapi ala eksekutif muda dalam kondisi mabuk. Tidak salah lagi, mereka pasti usai pulang dari nomikai. Seandainya Anda bekerja di Jepang dan Anda adalah orang yang menghindari minuman alkohol, akan lebih baik supaya tidak menolak ajakan nomikai. Ajakan untuk ikut nomikai merupakan salah satu bentuk kepedulian dari anggota perusahaan kepada kita agar keakraban semakin erat. Sebagai solusinya, tetaplah ikut mereka ke tempat nomikai kemudian Anda dapat menolak minum bir atau minuman alkohol lainnya dengan menggunakan kalimat penolakan yang halus, sumimasen, biiru wa chotto… 「すみません。ビールはちょ っと…」(Maaf saya tidak bisa minum bir). Cukup dengan begini, orang Jepang akan memaklumi bahwa kita tidak sanggup minum minuman beralkohol.

 

 

 

 

Referensi buku persiapan JLPT dengan materi berkualitas, penjelasan pembahasan di setiap soalnya, lengkap dengan rangkuman materi pola kalimat, kosakata, dan daftar Kanji yang SANGAT MEMUDAHKAN PROSES PERSIAPAN OTODIDAK TANPA DIDAMPINGI PENGAJAR. Sudah dilengkapi dengan CD Audio Listening.

 

Strategi & Bank Soal JLPT

 

 

 

*SPECIAL PROMO*

Bagi teman-teman yang memesan langsung buku Strategi & Bank Soal JLPT secara online, ke kontak The Japan Scribe, akan kami berikan harga

 

Rp159.000,-

Harga umum di Gramedia seluruh Indonesia adalah Rp180.000,-

Bagi yang berminat, silakan lagsung menghubungi The Japan Scribe:

0857-3635-1918

(WhatsApp & LINE)

Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap dan alamat lengkap tujuan pengiriman buku

 

 

 

 

kamus instan jepang

budaya jepang. masyarakat jepang. budaya kerja orang jepang. mempelajari budaya jepang. budaya minum sake. budaya minum bir. kerja di jepang. lowongan kerja di jepang. pemagangan ke jepang. syarat magang ke jepang. visa kerja di jepang. beli buku bahasa jepang. minna no nihongo. buku jlpt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *