KITSUNE「狐」: Rubah penjelma manusia

budaya jepang

KITSUNE

「狐」

Terkadang menjelma menjadi seorang manusia

 

Kitsune yang berarti “rubah” memiliki kebiasaan memakan tikus yang biasa memangsa tanaman padi di persawahan. Di Jepang, keberadaan dipuja sebagai inari 「稲荷」 atau dewa panen yang melindungi tumbuhan padi.

Makanan favoritnya adalah abura-age 「油揚げ」, berupa tōfu 「豆腐」atau “tahu” tipis yang digoreng. Oleh karena itu, masyarakat Jepang sering memberikan abura-age sebagai makanan persembahan untuk inari di saat melakukan sembahyang di “kuil inari” atau inari jinja 「稲荷神社」. Ada beberapa nama makanan yang memiliki unsur nama kitsune, seperti: *inari zushi「 稲荷寿司」, **kitsune udon 「狐饂飩」.

 

budaya jepang

 

 

Di kawasan Toyokawa, prefektur Aichi terdapat kuil Budha yang bernama “Toyokawa Inari「豊川 稲荷」” . Sebenarnya, nama asal dari kuil ini adalah “Myōgon-ji「妙権時」”.Di tempat ini terdapat spot yang sangat menarik, yaitu terdapat “ Reikozuka「霊狐稼」” yang merupakan tempat

berkumpulnya 1000 buah patung kitsune. Awalnya tempat ini menjadi tempat untuk penyembahan kitsune, kemudian para pengabdinya mengabadikan sosok arwah kitsune dengan wujud 1000 buah patung kitsune.

 

budaya jepang

 

Kitsune dipercaya sebagai makhluk yang memiliki kekuatan spiritual. Kelebihannya adalah kemampuannya untuk menjelma menjadi sesosok manusia dengan cara meletakkan sehelai daun di atas kepalanya. Ada beberapa hal aneh terjadi dalam kehidupan nyata yang dianggap sebagai ulah keberadaan kitsune, yaitu: kitsune ga nori utsutte 「狐がのり移って」 “jelmaan rubah” di saat kita seolah

melihat uang, tapi ternyata yang kita lihat hanyalah tiga helai daun, kitsune tsuki 「狐憑き」 “datangnya rubah” seseorang yang tiba-tiba terlihat menyerupai orang lain yang berbeda, kitsune no yome iri 「狐の嫁 入り」 “pernikahan rubah” ketika hujan turun di tengah hari yang cerah.

 

 

THE JAPAN SCRIBE

Learning Japanese For a Better Life

 

Referensi buku persiapan JLPT dengan materi berkualitas, penjelasan pembahasan di setiap soalnya, lengkap dengan rangkuman materi pola kalimat, kosakata, dan daftar Kanji yang SANGAT MEMUDAHKAN PROSES PERSIAPAN OTODIDAK TANPA DIDAMPINGI PENGAJAR. Sudah dilengkapi dengan CD Audio Listening.

Strategi & Bank Soal JLPT

 

 

*SPECIAL PROMO*

Bagi teman-teman yang memesan langsung buku Strategi & Bank Soal JLPT secara online, ke kontak The Japan Scribe, akan kami berikan harga

Rp159.000,-

Harga umum di Gramedia seluruh Indonesia adalah Rp180.000,-

Bagi yang berminat, silakan lagsung menghubungi The Japan Scribe:

0857-3635-1918

(WhatsApp & LINE)

Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap dan alamat lengkap tujuan pengiriman buku

JP SMART SIM-SIMCard Jepang Pilihan Terbaik

sim card jepang murah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *