Mengenal Istilah Keuangan Rumah Tangga Masyarakat Jepang

budaya jepang

Dahulu, fungsi wujud dompet diwakili dari benda yang bernama kinchaku「巾着」, berupa kantong uang yang terbuat dari kain dan bisa ditutup dengan cara menarik tali yang melingkar pada mulut kantong tersebut. Sehingga lahirlah perumpamaan:

 

saifu no himo wo nigiru

「財布のひもを握る 」

(mengencangkan tali dompet)

maksudnya adalah “mengontrol keuangan”.

 

budaya jepang
kinchaku

 

Rumah tangga pada umumnya akan menyimpan uang dari hasil pendapatannya di bank atau di kantor post, tetapi ternyata ada juga yang menyimpannya terlebih dahulu di dalam laci lemari atau disebut dengan tansu yokin 「たんす預金」. Bagi keluarga yang memiliki pendapatan rendah, mereka akan melakukan yarikuri 「やりくり」atau “making do”, menekan pengeluaran sebisa mungkin. Hal ini bisa dilakukan, misalnya seorang suami yang selalu membawa bekal saat kerja agar tidak mengeluarkan uang untuk biaya makan siang, atau seorang istri yang tidak sembarangan mengadakan pengeluaran untuk dirinya sendiri.

 

 

budaya jepang
tansu-yokin

 

Selain itu,ada juga suami istri yang melakukan hesokuri 「 へ そ く り 」 atau “secara diam-diam menyimpan uang” sehingga antara suami dan istri saling tidak saling mengetahui berapa uang yang telah disimpan secara rahasia oleh pasangannya. Layaknya heso yaitu “pusar” yang tersembunyi, tidak diketahui orang lain.

 

 

THE JAPAN SCRIBE

Learning Japanese For a Better Life

 

Referensi buku persiapan JLPT dengan materi berkualitas, penjelasan pembahasan di setiap soalnya, lengkap dengan rangkuman materi pola kalimat, kosakata, dan daftar Kanji yang SANGAT MEMUDAHKAN PROSES PERSIAPAN OTODIDAK TANPA DIDAMPINGI PENGAJAR. Sudah dilengkapi dengan CD Audio Listening.

Strategi & Bank Soal JLPT

 

*SPECIAL PROMO*

Bagi teman-teman yang memesan langsung buku Strategi & Bank Soal JLPT secara online, ke kontak The Japan Scribe, akan kami berikan harga

Rp159.000,-

Harga umum di Gramedia seluruh Indonesia adalah Rp180.000,-

Bagi yang berminat, silakan lagsung menghubungi The Japan Scribe:

0857-3635-1918

(WhatsApp & LINE)

Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap dan alamat lengkap tujuan pengiriman buku

 

JP SMART SIM-SIMCard Jepang Pilihan Terbaik

sim card jepang murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *