“AMA” 「 海女」Para Wanita Yang Bekerja Di Laut Jepang

Orang yang bekerja sebagai “nelayan” disebut dengan istilah ryōshi 「漁師」, yang umumnya dilakukan oleh kaum laki-laki. Mengapa laki-laki yang harus pergi ke tengah laut untuk melakukan pekerjaan nelayan? Ternyata ada sebuah cerita dan nampaknya menjadi kepercayaan orang Jepang sejak jaman dahulu. Jika ada seorang perempuan yang pergi ke laut naik kapal atau perahu, konon “dewi laut” yang disebut dengan umi no megami 「海の女神」 akan marah karena merasa cemburu dengan keberadaan perempuan tersebut, sehingga tidak heran bahwa sang dewi akan membuat laut bergejolak.

 

masyarakat jepang

 

 

Oleh karena itu, demi keselamatan para anggota keluarga nelayan, maka peran perempuan hanyalah sekedar mengantar suami atau anggota keluarganya yang laki-laki ke tepi pantai sebelum melakukan aktifitas nelayan. Mereka akan menjaga rumah sambil menunggu pulangnya para nelayan tersebut.

 

Akan tetapi, sebenarnya ada juga beberapa orang perempuan yang mengerjakan pekerjaan nelayan di laut. Mereka memiliki panggilan ama「海女」 (海: laut, 女: prempuan). Mereka bisa menyelam ke dalam laut tanpa menggunakan peralatan khusus untuk mengambil hasil laut seperti: kerang, rumput laut, mutiara dan sebagainya. Apabila pekerjaan nelayan dilakukan oleh sepasang suami istri, maka peran sang suami adalah menjaga kapal. Tempat di mana para ama melakukan pekerjaannya, saat ini sering menjadi tujuan wisata : Bōsōhantō 「房総半島」 (Semenanjung Bōsō) yang ada di Prefektur Chiba, Shimahantō 「志摩半島」 (Semenanjung Shima) terletak di Prefektur Mie.

 

THE JAPAN SCRIBE

Learning Japanese For a Better Life

 

Referensi buku persiapan JLPT dengan materi berkualitas, penjelasan pembahasan di setiap soalnya, lengkap dengan rangkuman materi pola kalimat, kosakata, dan daftar Kanji yang SANGAT MEMUDAHKAN PROSES PERSIAPAN OTODIDAK TANPA DIDAMPINGI PENGAJAR. Sudah dilengkapi dengan CD Audio Listening.

Strategi & Bank Soal JLPT

 

*SPECIAL PROMO*

Bagi teman-teman yang memesan langsung buku Strategi & Bank Soal JLPT secara online, ke kontak The Japan Scribe, akan kami berikan harga

Rp159.000,-

Harga umum di Gramedia seluruh Indonesia adalah Rp180.000,-

Bagi yang berminat, silakan lagsung menghubungi The Japan Scribe:

0857-3635-1918

(WhatsApp & LINE)

Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap dan alamat lengkap tujuan pengiriman buku

JP SMART SIM-SIMCard Jepang Pilihan Terbaik

sim card jepang murah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *