TAK PERNAH TERDUGA!! Makna Makanan Rumahan Bagi Orang Jepang

masakan jepang

OFUKURO NO AJI

「おふくろの味」

Cita rasa masakan Ibu di rumah

Dari zaman dahulu, shamoji 「しゃもじ」atau “sendok nasi” selain memang sesuaidengan fungsinya yaitu sebagai peralatan makan atau memasak, benda ini juga sering dianggap sebagai simbol kepemilikan seorang istri sekaligus ibu di dalam sebuahkeluarga. Terdapat kotowaza yang berkenaan seputar masak dan dapur, yaitu :

danshi chūbō ni hairazu

男子厨房に入らず

 “laki-laki tidak masuk dapur”.

 

 

Chūbō 「厨房」 adalah sebutan dapur yang lebih tradisional. Jika saat ini, kita akan lebih familiar dengan kata daidokoro 「台所」atau kichin 「キチン」(kitchen) untuk mengungkapkan kata “dapur”. Dari peribahasa ini menyiratkan arti bahwa “ Laki-laki tidak seharusnya pergi ke dapur untuk memasak”. Seorangsuami dianggap memiliki posisi yang superior dalam sebuah rumah tangga, oleh karena itu masalah dapur akan diserahkan kepada sang istri. Namun untuk saat ini, banyak kenyataan yang bisa kita jumpai bahwa para laki-laki banyak juga yang telah mahir memasak dibandingkan perempuan.

 

masakan jepang

 

Berkenaan dengan makanan Jepang favorit, memang kita akan lebih sering mendengar atau menjumpai menu makanan khas Jepang yang terkenal misalkan: sushi 「寿司」, sashimi 「刺身」, tempura「天ぷら」 dan lain sebagianya. Akan tetapi, makanan yang paling diidamkan oleh orang Jepang pada umumnya adalah makanan khas rumah dengan cita rasa masakan buatan ibu, yang sering disebut dengan istilah ofukuro no aji (mom’s homecooking flavor). Salah satu masakan rumah yang selalu diidamkan cita rasa nya adalah nikujaga 肉じゃが, jenis masakan yang berbahan dasar kentang dan irisan daging, dengan bumbu dasar kecap asin, sake dan gula, serta ditambahkan bawang sebagai tambahan penyedap rasanya.

 

Banyak pendapat bahwa laki-laki Jepang akan lebih menyukai perempuan yang pintar memasaknikujaga. Ketika seorang laki-laki tumbuh menjadi pria dewasa yang pada umumnya akan menemui sebuah fase kehidupan merantau entah untuk keperluan bekerja atau belajar, nikujaga akan menjadi salah satu menu yang selalu ia rindukan untuk kembali ke rumah. Oleh karena itu, jika seorang pria bertemu dengan wanita yang pandai memasak nikujaga, pandai menyajikan cita rasa masakan ibu, maka pria tersebut seolah-olah bisa membawanya pulang, berjumpa dengan ibu beserta masakan rumah yang selalu dirindukan.

 

masakan jepang
niku-jaga 肉じゃが

 

Sehingga, kemampuan memasak seorang wanita di Jepang, bisa menjadi salah satu kelebihan untuk memenuhi criteria calon istri yang baik. Seorang wanita yang dapat memasak dengan baik dianggap akan selalu dapat mempersebahkan masakan yang sedap untuk menyenangkan selera makan seluruh anggota keluarga, dan juga mampu menghadirkan sajian sehat yang akan berguna untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Dari beberapa kelebihan seorang wanita yang bisa memasak dengan baik, kemungkinan besar dia akan dinilai sebagai seorang wanita yang bisa mengatur financial rumah tangganya dengan baik, karena mampu mencukupi kebutuhan penyajian masakan sendiri yang pastinya akan lebih hemat pengeluaran untuk hal makanan.

 

THE JAPAN SCRIBE

Learning Japanese For a Better Life

 

Referensi buku persiapan JLPT dengan materi berkualitas, penjelasan pembahasan di setiap soalnya, lengkap dengan rangkuman materi pola kalimat, kosakata, dan daftar Kanji yang SANGAT MEMUDAHKAN PROSES PERSIAPAN OTODIDAK TANPA DIDAMPINGI PENGAJAR. Sudah dilengkapi dengan CD Audio Listening.

Strategi & Bank Soal JLPT

 

*SPECIAL PROMO*

Bagi teman-teman yang memesan langsung buku Strategi & Bank Soal JLPT secara online, ke kontak The Japan Scribe, akan kami berikan harga

Rp159.000,-

Harga umum di Gramedia seluruh Indonesia adalah Rp180.000,-

Bagi yang berminat, silakan lagsung menghubungi The Japan Scribe:

0857-3635-1918

(WhatsApp & LINE)

Jangan lupa untuk menyertakan nama lengkap dan alamat lengkap tujuan pengiriman buku

 

JP SMART SIM-SIMCard Jepang Pilihan Terbaik

sim card jepang murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *