TENGU「天狗」- Monster di Dalam Gunung

tengu

TENGU「天狗」 Terbang bebas mengitari gunung-gunung

Masih dalam kategori yōkai, “tengu” merupakan monster yang dipercaya tinggal di dalam gunung. Ciri khas nya adalah wajahnya berwarna merah dan memiliki hidung yang panjang.

Tengu digambarkan memiliki sayap sehingga mampu terbang bebas di udara. Memiliki watak yang tempramen serta memiliki kekuatan super sehingga dapat dengan mudah menumbangkan pohon berukuran besar. Orang-orang beranggapan bahwa ada banyak hal aneh yang muncul di sekitar gunung, seperti dahsyatnya hembusan angin, suara aneh yang muncul dari dalam gunung atau bahkan hilangnya seorang anak merupakan hasil dari perbuatan tengu.

tengu

Istilah tengu tidak jarang digunakan sebagai awalan dari sebuah nama makhluk hidup yang memiliki bagian menyerupai bentuk hidung yang menonjol. Salah satu contohnya adalah jenis ikan “Bluespine Unicorn Fish”, yang dinamai dengan sebutan tenguhagi 「天狗ハギ」dalam bahasa Jepang. Terdapat perumpamaan hana ga takai 「鼻が高い」(hidung nya tinggi), hal ini mengacu pada makna keadaan “seseorang yang merasa bangga terhadap sesuatu hal”. Orang dengan sikap sombong atau terlampau bangga akan disebut dengan istilah tengu ni natta「 天狗になった」 (menjadi tengu).

tengu

the japan scribe

JAPAN BOOK ONLINE STORE

Toko Buku Bahasa Jepang Online
Kelas Bahasa Jepang Online
Persewaan Yukata
Jasa Penerjemah Bahasa Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *