OHIGAN 「お彼岸」: Bagaimana Orang Jepang Menjaga Anggota Keluarga Yang Telah Meninggal

ohigan

Pada awalnya, istilah higan 「彼岸」 merupakan kata-kata dalam ajaran Budha yang mengarah pada “hilangnya keraguan atau kebimbangan serta memahami inti dari makna sesuatu hal”. Hal ini juga berhubungan dengan adanya istilah satori 悟り yang berarti “ pencerahan”. Kematian dianggap sebagai tahap pencapaian higan dan menjadi Budha yang disebut dengan istilah jōbutsu 「成」 ( menjadi Budha atau mencapai Nirvana/ surga).

Karena dalam kepercayaan Budha, surga atau yang disebut dengan jōdo berada di sebelah barat, maka dilaksanakanlah upacara ajaran Budha yang khusus dalam satu minggu pada saat tenggelamnya matahari tepat di ufuk barat di saat shunbun no hi 「春分の日」(Hari Ekuinoks musim semi) dan shūbun no hi 「秋分の日」(Hari Ekuinoks musim gugur) . Oleh karena itu, upacara tersebut disebut dengan ohigan 「お彼岸」.

Pada saat masa ohigan, masyarakat selain penganut kepercayaan ajaran Budha-pun akan pergi ke makam leluhur untuk mendoakan anggota keluarga yang terdahulu telah meninggal dapat mendapatkan meifuku「冥福」atau “keberuntungan di tanah kematian”. Selain melakukan ritual doa, mereka juga memberikan persembahan berupa menyalakan dupa, memberikan bunga, air dan lain sebagainya. Orang Jepang yang memiliki *butsudan 「仏壇」 di dalam rumahnya , akan menyajikan kue khas Jepang khusus untuk periode ohigan, yaitu bernama **ohagi 「お萩」 atau ***botamochi 「牡丹餅」 di atas butsudan tersebut.

Seperti itulah cara masyarakat Jepang dalam melakukan peringatan ohigan di rumah masing- masing.

*butsudan 「仏壇」: altar Budha berukuran kecil, tempat meletakkan patung Budha untuk sembahyang dan memanjatkan doa untuk leluhur yang telah bersemayam.

butsudan

**ohagi 「お萩」: kue beras berbentuk bulat, dibalut dengan kacang merah yang manis, bubuk kedelai atau biji wijen (makanan khas di musim gugur)

ohagi

***botamochi 「 牡 丹 餅 」 : disebut juga dengan azuki mochi atau mochi kacang merah (makanan khas di musim semi) .

source:source: Diterjemahkan dari Nihongo no Journal (2007)

the japan scribe

NIHONGO ONLINE BOOK STORE

Toko Buku Bahasa Jepang Online
Kelas Bahasa Jepang Online
Persewaan Yukata
Jasa Penerjemah Bahasa Jepang

KAMUS INSTAN BAHASA JEPANG

Solusi TEPAT Menghafal kosakata Bahasa Jepang dengat CEPAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *