Bagaimanakah konsep “PELIT” bagi orang Jepang?

beli buku bahasa jepang online

NARIKIN 「成金」

Tanpa sadar penasaran dengan bagaimana seseorang menggunakan uangnya

Ini berkaitan dengan istilah penilaian bagaimana seseorang menggunakan uangnya. Narikin memiliki arti “orang kaya baru”, lebih tepatnya adalah ada seseorang yang tadinya miskin dengan tiba-tiba memiliki banyak uang dan menggunakan uang tersebut secara berlebihan, sehingga istilah ini memberikan kesan sarkasme atau sindiran.

Kechi 「ケチ」 atau kechinbo 「ケチンボ」 yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti “pelit atau kikir”, yang mana seseorang sebenarnya memiliki uang, tetapi terlampau hemat untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan yang sesungguhnya. Kechi na hito「ケチな人」 atau “orang pelit” akan selalu tidak disukai oleh orang lain. Sehingga muncul beberapa istilah untuk meng-olok-olok orang yang memiliki kebiasaan pelit, seperti: kechikusai 「ケチくさい」, shimittare 「しみったれ」, kane ni komakai 「金に細かい」dan lain sebagainya.

Kebalikan dari ungkapan pelit ini adalah kimae ga ii 「気前 がいい」 atau futoppara da 「太っ腹だ」 yang digunakan untuk menyatakan arti “dermawan atau murah hati”, seseorang yang rela mengeluarkan uangnya untuk orang lain.

Semoga kita semakin bijaksana dalam menggunakan uang yang dimiliki untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk masa depan mendatang.

Sumber: Nihongo no Journal 2007

the japan scribe

NIHONGO ONLINE BOOK STORE

Toko Buku Bahasa Jepang Online

Kelas Bahasa Jepang Online
Persewaan Yukata
Jasa Penerjemah Bahasa Jepang

KAMUS INSTAN BAHASA JEPANG

Solusi TEPAT Menghafal kosakata Bahasa Jepang dengat CEPAT

kamus instan bahasa jepang

Beli buku bahasa Jepang. The Japan Scribe. Buku bahasa Jepang murah. Beasiswa Jepang. Toko online bahasa Jepang. Beli buku bahasa Jepang. Buku JLPT. Buku Strategi dan Bank Soal JLPT. Beli buku Minna no Nihongo. Minna no Nihongo. Kamus Instan Bahasa Jepang. Kamus instan Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *