“The 4G”: Apakah Jiwa Anda Memiliki 4 Pondasi Sukses Dari Jepang Ini?

the japan scribe

Donald Wetmore, Direktur eksekutif dari American Chamber of Commerse di Jepang, mendefinisikan beberapa hal untuk menyingkap nilai-nilai budaya yang melatar-belakangi semangat kerja orang Jepang yang luar biasa dalam bekerja mencapai kemajuan yang disebut dengan “The Four G’s”.

“The Four G’s” terdiri atas 4 kata dalam bahasa Jepang, yaitu: giri, gisei, gaman dan ganbaru.

giri (義理): kewajiban; tugas atau keadilan

Giri adalah pondasi kode etik Samurai dan merupakan bagian tak terpisahkan dari budaya Jepang, bahkan sebelum munculnya kaum Samurai. Giri mengikat dari lahir hal-hal dan tingkatan tertentu dalam bentuk kewajiban tanpa akhir orang Jepang. Giri dalam diri bangsa Jepang menanamkan kehormatan dan kebanggaan serta kesediaan mengorbankan kehidupan pribadi untuk melayani perusahaan tempat bekerja. Hal ini menimbulkan sifat kerja keras untuk selalu ingin memajukan perusahaan.

the japan scribe

gisei (犠牲): pengorbanan

Budaya Jepang telah membentuk karakter orang Jepang rela mengorbankan individualitas mereka demi negara, komunitas dan keluarga. Pada masa industrialisasi di Jepang, sifat gisei ditunjukkan dengan pengorbanan untuk organisasi atau perusahaan tempat mereka bekerja. Hal ini tercermin dari jam kerja yang panjang dan rela bekerja lembur sebagai wujud dari loyalitas.

gaman (我慢): sabar; tekun

Kata ini sering digabungkan dengan kata lain membentuk frase gaman kurabe yang berartu ujian ketekunan atau pertandingan ketahanan antar individu atau kelompok. Semangat ini terlihat dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Jepang, seperti saat mengantri, saat menciptakan sebuah karya dengan kualitas yang terbaik, mengikuti pertandingan olahraga dan lain sebagainya. Mereka sangat sabar terhadap proses dalam pengerjaan suatu pekerjaan. Tidak terburu dengan segala sesuatu yang instan. Semua hal diciptakan dengan sebaik mungkin.

the japan scribe

ganbaru (頑張る): bersemangat; tidak menyerah

Merupakan kata yang paling sering diucapkan oleh orang Jepang saat menyemangati diri sendiri atau orang lain saat melalui proses mencapai suatu goal. Orang Jepang seolah selalu memiliki jiwa yang terus bersemangat dalam melakukan segala hal dan tidak mudah menyerah. Tanpa semangat yang kuat, suatu pekerjaan atau karya tidak akan selesai dengan baik. Banyak orang yang bisa memulai sebuah pekerjaan atau karya, namun tidak banyak orang yang tetap bersemangat bertahan hingga menyelesaikannya.

Sumber: Buku Membangun Mental Kaya ala Jepang (Agus Susanto)

the japan scribe-toko buku bahasa jepang online

NIHONGO ONLINE BOOK STORE

Toko Buku Bahasa Jepang Online

Kelas Bahasa Jepang Online
Persewaan Yukata
Jasa Penerjemah Bahasa Jepang

KAMUS INSTAN BAHASA JEPANG

Solusi TEPAT Menghafal kosakata Bahasa Jepang dengat CEPAT

kamus instan bahasa jepang

etos kerja orang jepang. budaya jepang. belajar budaya jepang. buku bahasa jepang. buku bahasa jepang murah. semangat orang jepang. bekerja di jepang. samurai jepang. toko online bahasa jepang. beli buku bahasa jepang murah. buku bahasa jepang. buku kanji. buku kanji. buku jlpt. strategi dan bank soal jlpt. buku bahasa jepang pdf. the japan scribe. japan scribe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *