Orang Jepang Mencari Tuhan di Toilet?

the japan scribe

Jika mata terbiasa melihat segala sesuatu bersih, maka jiwa dan perilaku pun jadi bersih. Hati pun bening penuh keikhlasan pada Yang Kuasa.

Ada sebuah lagu yang liriknya terdengar aneh, tapi jika diresapi begitu dalam maknanya. Lagu itu berjudul “ Toire no Kamisama”, dinyanyikan dengan suara lembut Uemura Kana. Bait ini membuat saya termenung:

Megami gai run ya de

(Ada Dewa Dewi cantik di toilet)

Dakara mainichi kirei ni shitara megami mitai ni

(Kalau kita rajin bersihkan toilet, akan serupa dengan Dewa Dewi cantik)

Beppinsan ni narerun ya de

(Pasti akan menjadi Dewa Dewi cantik)

Lantas, ada hubungan ada antara Tuhan atau Dewa Dewi (Megamisama) dengan toilet (toire) bagi orang Jepang?

Kenapa toilet harus bersih dan kita tidak boleh malas membersihkannya? Apakah karena ada Megamisama yang sangat cantik bersemayam di sana? Ataukah karena toilet bersih, maka Megamisama mau datang dan betah tinggal di sana? Dan yang lebih penting lagi, jika kita mau membersihkan toilet, kita akan menjadi cantik tertulari kecantikan Megamisama itu?

the japan scribe

Jika tempat yang selama ini kita anggap kotor saja, kita mau membersihkannya, pasti tempat lain yang dianggap bersih akan semakin bersih. Kebersihan adalah sumber dari segala keindahan dan kesehatan. Dengan begitu kesehatan fisik dan psikis akan tetap terjaga. Semua kegiatan kita yang bersumber pada kegiatan peribadahan, akan bisa terlakoni dengan lancar.

Hmm. Jika direnungkan, mereka yang memiliki slogan seperti “kebersihan itu sebagian daripada iman” seharusnya bisa sebersih orang-orang Jepang baik di lingkungan di dalam rumah maupun di tempat umum.

Ada beberapa cerita tentang toilet yang berhubungan dengan tahun baru. Mejelang tahun baru, orang tua (perempuan) tertua yang masih sehat, di rumah akan membersihkan toilet. Harapannya, jika bagian yang kotor dan kasat mata ini saja kita rajin membersihkannya, yang tak kasat mata akan bersih dengan sendirinya.

Orang-orang Jepang berharap memulai tahun baru dengan segalanya yang bersih, dan setahun ke depan hidup bersih dari segala permasalahan. Termasuk kesehatan.

the japan scribe

Jika sehat lahir batin, semuanya bisa teratasi. Kita bisa bekerja dengan baik, sehingga berkecukupan dan terhindar dari keinginan berbuat jahat.

Anda mungkin penasaran tentang bagaimana konsep mereka tentang Tuhan atau Kamisama. Jika kita bertanya pada anak-anak yang study tour ke tempat-tempat peribadatan, aka nada jawaban yang cukup mengejutkan jika kita tanya, kenapa tali tampar besar yang di kuil Shinto itu harus dibunyikan sebelum berdoa? Jawabannya adalah, tali itu untuk membunyikan genta, dan setelah itu tangan dikatupkan seperti dalam kondisi bertepuk tangan beberapa kali untuk “membangunkan” Tuhan.

Pandangan anak-anak muda Jepang terhadap Tuhan akan lebih mengejutkan. Banyak yang tidak percaya adanya Tuhan. Tapi percaya bahwa di luar kemampuan manusia ada sesuatu yang memiliki kekuatan lebih besar daripada dirinya. Yakni berupa batu, pohon sungai, laut, dan sebagainya.

Kenapa mereka bisa berfikiran seperti itu? Dalam teori sejarah budaya Negara Jepang, keberadaan Tuhan itu berubah-ubah sesuai zamannya, mengikuti penguasa pada saat itu. Dalam kurun waktu tertentu, mereka mengganggap Kaisar atau Shogun (panglima samurai) sebagai Tuhan. Tentu saja dengan berbagai kepentingan, mereka membuat semacam pernyataan atas nama Tuhan (baca: Tenno, Shogun dan lain-lain). Tujuan utamanya adalah untuk menggiring penduduk membayar pajak dengan tanpa merasa terpaksa.

Orang-orang Jepang sebenarnya adalah para pencari Tuhan, termasuk lewat hakikat kebersihan.

Akhirnya kita kembali pada diri masing-masing. Akankah melihat dari sudut pandang orang Jepang yang selalu mencari Tuhan? Ataukah kita merasa memiliki Tuhan, tetapi hal-hal yang terdekat dengan kita TIDAK DIPERHATIKAN KEBERSIHANNYA? Alangkah sayangnya pengetahuan “kebersihan sebagian dari iman” jika tidak diterapkan dalam kehidupan yang sederhana sehari-hari.

Sumber:

Buku WOW Japan karya Ibu Parastuti.

Wow Japan
beli buku bahasa jepang

NIHONGO ONLINE BOOK STORE

Toko Buku Bahasa Jepang Online

Kelas Bahasa Jepang Online
Persewaan Yukata
Jasa Penerjemah Bahasa Jepang

KAMUS INSTAN BAHASA JEPANG

Solusi TEPAT Menghafal kosakata Bahasa Jepang dengat CEPAT

kamus instan bahasa jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *